PGP-Angkatan 2-Kota Bandar Lampung-Elitha Aprilucilla- 1.4.-Rancangan Aksi Nyata

Pengenalan Kesepakatan Kelas dalam Membangun Budaya Disiplin di Sekolah

Elitha Aprilucilla, S.Pd.

  • Latar Belakang

Setelah ikut berproses dalam pendidikan guru penggerak yang telah berjalan lebih dari dua bulan banyak hal yang saya rasakan pada diri saya. Dimulai dari kesadaran diri untuk menjadi lebih baik dan menjadikan diri saya sebagai guru penggerak yang mampu menggerakkan roda pendidikan antara lain dengan membangun budaya positif di sekolah. Hal tersebut menjadi landasan bagi saya untuk bahwa sebagai guru, saya punya kewajiban membentuk karakter baik pada diri peserta didik. Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab seorang pendidik, seperti yang diungkapkan oleh Ki Hadjar Dewantara. Seorang pendidik itu  seperti among yang menghamba pada peserta didiknya, memerdekakan peserta didiknya dalam belajar, agar menjadi manusia seutuhnya. Agar pendidik tidak hanya berfokus pada kognitif saja tetapi juga membentuk psikomotorik dan afektif pada diri peserta didik.

Untuk itu saya berupaya agar peserta didik berani dalam menyampaikan ide atau gagasannya dengan membuat suatu kesepakatan kelas dalam membentuk budaya disiplin di sekolah. Sehingga dengan demikian harapan saya suasana belajar akan lebih menyenangkan dan memberikan dampak yang baik pada kondisi psikologis peserta didik.

  • Deskripsi Aksi Nyata

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merancang aksi nyata berjudul “Pengenalan Kesepakatan Kelas dalam Membangun Budaya Disiplin di Sekolah

  • Linimasa Tindakan yang dilakukan
  1. Guru berkolaborasi dengan peserta didik menentukan budaya positif yang akan dikembangkan
  2. Guru meminta peserta didik menuliskan kelas seperti apa yang menjadi impian mereka ketika belajar
  3. Guru meminta peserta didik menempelkan hasil pemikirannya jamboard atau papan tulis,
  4. Guru mengajak peserta didik berdiskusi membahas impian-impian tentang kelasnya yang sudah mereka tulis untuk menemukan kesamaan yang mereka miliki.
  5. Guru bersama peserta didik membuat daftar kesamaan yang telah didiskusikan.
  6. Guru memandu peserta didik mengklasifikasi hal-hal yang dianggap paling penting untuk disepakati bersama.
  7. Guru memastikan semua murid ambil bagian dalam kegiatan kesepakatan kelas ini.
  8. Guru mensosialisasikan pembuatan kesepakatan kelas yang baik yang telah disepakati bersama
  9. Guru melakukan pendampingan dalam refleksi dari setiap kesepakatan kelas yang sudah dibuat secara berkala
  • Dukungan yang dibutuhkan

Dukungan sang dibutuhkan CGP dalam melaksanakan sosialisasi ini antara lain:

–   Kepala sekolah; memberikan ruang bagi guru dalam mensosialisasikan kegiatan ini,

– Rekan sejawat; dukungan dan motivasi bagi CGP dalam melaksanakan kegiatan ini.

About Elitha

a simple person who always learn to be grateful, patient and sincere in every steps of her life and hope to be a significant person..
This entry was posted in articles and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment